images/banners/LOGO-KARIMATA-BARU-DIPAKEK-2017.jpg#joomlaImage://local-images/banners/LOGO-KARIMATA-BARU-DIPAKEK-2017.jpg?width=300&height=55    |    1 September 2022: Peringatan Hari Polisi Wanita (Polwan)     |    3 September 2022: Peringatan Hari Palang Merah Indonesia     |    4 September 2022: Peringatan Hari Pelanggan Nasional     |    8 September 2022: Peringatan Hari Pamong Praja     |    9 September 2022: Peringatan Hari Olahraga Nasional     |    11 September 2022: Peringatan Hari Radio Republik Indonesia     |    17 September 2022: Peringatan Hari Perhubungan Nasional & Peringatan Hari Palang Merah Nasional     |    24 September 2022: Peringatan Hari Tani     |    27 September 2022: Peringatan Hari Bakti Pos dan Telekomunikasi & Peringatan Hari Pos Telekomunikasi Telegraf (PTT)     |    28 September 2022: Peringatan Hari Kereta Api     |    29 September 2022: Peringatan Hari Sarjana Indonesia     |    30 September 2022: Peringatan Hari Peringatan Pemberontakan G30S/PKI    images/banners/LOGO-KARIMATA-BARU-DIPAKEK-2017.jpg#joomlaImage://local-images/banners/LOGO-KARIMATA-BARU-DIPAKEK-2017.jpg?width=300&height=55

Live Streaming Radio KARIMATA FM

OFF

Program Acara

Jam:   -  

Selasa, 29 November 2022

Team Radio

Team Radio

Kunjungan Dinas Pendidikan ke Kediaman Alfia Siswa Juara 3 Surat Inspiratif (Foto: Ist - Karimatafm)
Kunjungan Dinas Pendidikan ke Kediaman Alfia Siswa Juara 3 Surat Inspiratif (Foto: Ist - Karimatafm)

RADIO KARIMATA, PAMEKASAN - Alfiatus Sholehah, siswi kelas 5 di SDN Pademawu Barat 1 Kecamatan Pademawu, Pamekasan menuliskan surat yang ditujukan kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI dalam lomba Surat Inspiratif tentang kesan dan pengalaman belajar dari rumah yang diadakan oleh Kemendikbud.

Hamimah, guru SDN Pademawu Barat 1 kepada Radio Karimata mengatakan, awalnya kepala sekolah menginformasikan kepada setiap guru untuk meminta muridnya membuat surat inspiratif tersebut. salah satunya Fia, panggilan akrabnya.

“Setelah dari Kepala Sekolah, kami teruskan kepada murid masing – masing kelas. Ternyata Fia ingin ikut lomba itu,” ujarnya saat on air di Dinamika Madura Radio Karimata.

Menurutnya, Fia yang setiap tahunnya menjadi ranking kelas merupakan anak dari petani yang kesehariannya bekerja di sawah. Fia memang mengalami kesulitan saat  belajar di rumah karena diharuskan menggunakan handphone android dan cakupan internet yang bagus.

“Dia memang tidak punya hp android jadi dia harus pinjam hp kakaknya untuk belajar, tapi anaknya tidak patah semangat meski sulit belajar dengan android,” ceritanya.

Dalam surat yang dituliskan oleh adik Fia, tercantum nomer handphone kakanya, sehingga saat terpilih sebagai tiga besar surat inspiratif, Kemendikbud langsung menghubungi kakaknya.

Bu Hamimah mengaku bangga mempunyai anak didik seperti Fia, dan berharap diluar sana masih banyak siswa – siswi lain yang semangat untuk belajar dan tidak patah semangat meski dengan kondisi keluarga yang tidak mampu dan fasilitas yang minim.

Ahmad Zaini, selaku Kadisidik Pamekasan merasa bangga dengan diraihnya juara 3 surat Inspiratif tentang kesan dan pengalaman belajar dari rumah yang diadakan oleh Kemendikbud.

“ Saya bangga dengan pencapaian ananda Fia, karena dari 6.689 surat yang masuk yang berasal dari murid seluruh Indonesia dan yang dipilih lima surat. Alhamdulillah siswa kita dari Pamekasan terpilih menjadi peringkat ke tiga,” Ujarnya saat On Air di Radio Karimata, Rabu (27 Mei 2020) Sore.

Ahmad Zaini menambahkan pasti banyak siswa lainnya yang mengalami hal yang sama seperti yang dialami Fia, kami juga turut prihatin dengan adanya pandemi ini yang mengharuskan siswa-siswi belajar secara daring dari rumah masing-masing dengan keterbatasan yang tidak memadai.

“Tapi kami cukup bangga dengan semangat para siswa yang masih giat dalam belajar,dari keterbatasan sarana dan prasarana serta jaringan yang mungkin tidak seperti yang berada di kota-kota sehingga ini masih menjadi perhatian kita kedepan untuk terus berbenah demi meneruskan generasi yang lebih baik lagi,” Tambahnya.

Pihaknya mengapresiasi dengan raihan yang di dapat saudari Fia dengan cara memberikan fasilitas yang dibutuhkan saat ini, tetapi tidak hanya Fia saja, siswa lainnya yang mengalami hal yang sama akan diberikan fasilitas agar lebih semangat lagi dalam belajar di tengah pandemi covid-19.

Sekedar diketahui sayembara bertema “Hikmah hari kemenangan di Masa Pandemi, Surat untuk mas Menteri Nadiem Makarim, yang dilaksanakan mulai tanggal 11 hingga 17 mei 2020, sementara pembacaan surat paling inspiratif yang dibacakan langsung oleh Nadiem Makarim tanggal 26 Mei 2020 kemarin. (Inest/Ans)