25 Sep 2023

  |    1 Agustus: Penampahan Galungan     |    2 Agustus: Hari Raya Galungan     |    5 Agustus: Hari Dharma Wanita Nasional     |    10 Agustus: Hari Veteran Nasional dan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional     |    12 Agustus: Hari Raya Kuningan     |    14 Agustus: Hari Pramuka (Praja Muda Karana)     |    17 Agustus: Hari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia     |    18 Agustus: Hari Konstitusi Republik Indonesia dan Hari Bhatara Sri     |    19 Agustus: Hari Departemen Luar Negeri Indonesia     |    20 Agustus: Hari Radio Nasional     |    21 Agustus: Hari Maritim Nasional     |    24 Agustus: Hari Ulang Tahun TVRI dan Hari Jakarta Membaca  

Live Streaming Radio KARIMATA FM

DINAMIKA MADURA (05.00-09.00)

Program Acara

Jam: 05:00:00  -  09:00:00

Senin, 25 September 2023

Melli Febrian

Melli Febrian

Trending News

Aplikasi Media Sosial yang Digunakan Netter di Smartphone (Foto: Doc-Karimatafm)

KARIMATA.NET, SURABAYA – Platform Media Sosial (Medsos) disebut sebagai platform penyebar Hoax atau berita bohong terbanyak menurut survei yang diadakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) dibandingkan media lain seperti Televisi dan Radio.

Afif Amrullah, Anggota KPID Jatim mengatakan Media Sosial khususnya WhatsApp, Facebook, dan Youtube menjadi penyebar hoax terbanyak karena siapapun bisa menyebarkan informasi yang diinginkannya.

Sementara hal itu tidak berlaku untuk lembaga penyiaran seperti TV dan Radio karena harus melalui proses yang ketat sebelum akhirnya sebuah informasi dapat disebarkan ke publik. 

“Mereka (Lembaga Penyiaran) memiliki tim redaksi yang bertugas untuk memfilter informasi yang akan disebarkan maka tidak heran jika angka hoax di lembaga penyiaran di bawah 1%,” Ujarnya saat on air di Radio Karimata pada Sabtu (01/04/2023).

Mengikuti perkembangan zaman, pihaknya tidak hanya mengajak masyarakat memilih siaran yang sehat untuk dikonsumsi tapi juga mengajak masyarakat memilih siaran digital yang tepat.

“Setiap kami melakukan literasi media kami juga menambahkan dengan literasi digital supaya kegiatan literasi ini dapat relevan dengan konteks yang terjadi di masyarakat,” Tambah Afif.

Ia juga memaparkan bahwa lembaga penyiaran menjadi media yang paling dipercaya oleh masyarakat.

Afif juga menjelaskan kalau lembaga penyiaran harus beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang terjadi saat ini.

“Sehingga mau tidak mau TV dan Radio dituntut untuk berkembang mengikuti zaman saat ini yang marak penggunaan media sosial,” Tutupnya. (Adila/Fit)


MITRA USAHA

Puder-38
NUVO-ACTIVE-5
NUVO-ACTIVE-6
NUVO-CORONA-1
HERS-PROTEX-BIRU
BABY-HAPPY
MIE-SUKSES
GIV-HIJAB-2
MILKU-1
KECAP-SEDAP
SO-YUMIE
OLALA-JELY-DRINK
DOWNY-ANTI-APEK-DOBLE-GOPEK
CIPTADENT-SIKAT-GIGI-88-LUBANG
AXIS-PAKET-KUOTA-DISC-50
MIE-SEDAP-SALERO-PADANG
MIE-SEDAP-AYAM-BAWANG
INDIHOME
RUMAH-MEUBEL
Mau Pasang Iklan?

Latest News

1

Pasien Meninggal Dunia di Toilet, Begini Penjelasan Humas RSUD Sampang

2

Disbudporapar Sumenep Targetkan PAD 780 Juta di Sektor Wisata

3

Pemerintah Wacanakan Larangan Haji Lebih Dari 1 Kali, Simak Penjelasan Kemenag Pamekasan

4

Pawai Karnaval di Proppo Pamekasan, Petugas Lakukan Pengalihan Lalu Lintas